Mahasiswa Unusa dalam Generasi Aswaja An-Nahdliyah


Materi IV

KH. Reza Ahmad Zahid -Ponpes Lirboyo Kediri


Sunnah secara bahasa adalah suatu jalan walaupun tidak diridhoi

Sunnah secara syara' adalah jalan yang diridhoi Allah yang ditempuh dalam 


PENGERTIAN AHLUS SUNNAH WALJAMA'AH

Jama'ah adalah sekelompok orang yang berkumpul dan bersatu diatas kebenaran yang berdasarkan al-Qur'an dan Hadits, dan mereka adalah para sahabat dan orang-orang yang setia mengikuti mereka (tab'iin) walaupun jumlah mereka sedikit.


Ahlus Sunnah wal Jama'ah adalah Golongan yang berpegang teguh dengan Al-Qur'an dan sunnah serta pemahaman dan penerapan para sahabat dalam memahami dan mengamalkan Islam. Termasuk dalam golongan mereka para sahabat rosul, tabi'in, tabi'it tabi'in, kaum ulama sunnah dan para pengikut mereka (dari semua lapisan umat) sampai hari kiamat.

PENGERTIAN NAHDLATUL ULAMA'

Nahdlatul Ulama adalah sebuah organisasi agama Islam yang mengikuti paham Ahlus Sunnah wal Jama'ah dan terbentuk pada tahum 16 Rojab 1344/31 Januari 1926 di Surabaya, yang lahir dari pesantren, pendirinya adalah KH. Hasyim Asy'ari beserta para kyai yang lainnya seperti KH. Abdul Wahab Hasbullah, KH. Bisri Syansuri, KII. Ridwan Abdullah, KII. Mas Alwi Abdul Aziz, dan lain sebagainya.


TRADISI NU DALAM MADZHAB

• Secara spesifik, NU merumuskan Aswaja sebagai sebuah mazhab yang dalam berakidah mengikuti salah satu dari dua imam: Al-Asy'ari dan Al-Maturidi (Bukhara'); dalam ubudiyah mengikuti salah satu imam empat (Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Hambali), dan dalam bidang tasawuf mengikuti salah satu dari dua imam Al-Junaidi atau Al- Ghazali.

EMPAT DASAR PRINSIP NAHDLATUL ULAMA'

1. Tawassuth : suatu langkah pengambilan jalan tengah bagi dia kutub pemikiran yng ekstrem. 

2. Tasamuh : menghargai perbedaan serta menghormati prinsip hidup yang tidak sama. 

3. I'tidal : Tegak lurus (adil), tidak condong kekanan maupun kekiri atau berlaku adil tidak berpihak kecuali pada yang benar. 

4. Tawazzun :seimbang

SANAD KEILMUAN

Berguru dan memiliki sadang keilmuan . Barang siapa belajar tanpa guru maka dia berguru pada setan , sanad keilmuan sebagai ketersambungan silsilah keilmuan dari murid kepada sang guru. 


Link teman : aisyahbaraa07.blog

Facebook unusa : unusaofficialfb

Instagram unusa :unusa_official

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume FEBTD Bersama Brave Gelar Seminar: Dorong Kelestarian Alam melalui Green Supply Chain Management

PROSES PELAYANAN KESEHATAN